Card Flourish/Cardistry

Senin, 23 April 2012

 Hell-o postingan gue kali ini bakal ngebahas tentang Card flourish atau Cardistry, kali ini gue bakal share mulai dari "apa  itu flourishing atau cardistry?", "sejarahnya", and "how to play?" Cardistry atau Flourish yang terakhir belakangan ini lagi digilai banget sama beberapa anak-anak muda di negeri tercinta kita ini Indonesia. Oke sekarang gue bakal mulai dengan penjelasan apa itu cardistry, Cardistry adalah gerakan artistik dari setumpuk kartu atau sebagian dari dek. Definisi ini umumnya diartikan sebagai seni kecepatan tangan,yang merupakan manipulasi kartu yang meyembunyikan efek sesungguhnya kepada penonton. Sementara Cardistry justru mempamerkan efek manipulasi kartu untuk dilihat oleh penonton. Cardistry juga dikenal dengan sebutan Fluorishing atau Xtreme Card Manipulation (XCM).



- Sejarah Cardisry


 Cardistry berasal dari dunia magic (sulap) khususnya bidang sulap kartu.Para pesulap kartu telah mempertunjukkan fluorish sejak dahulu kala. Biasanya para pesulap menggunakan flourish sebagai penghias atau pembuka pertunjukan mereka sebelum mereka mempertontonkan sulap yang sesungguhnya dan juga digunakan di tengah2 diantara trik2 sulap mereka. Jerry Cestkowski "The Flourishman" adalah pesulap terkenal pertama yang membidangi seni flourish. Dia adalah sosok yang paling dikenal di komunitas Cardistry/XCM/Flourish dengan bukunya “The encyclopedia of Playing Card Flourishes" (EoPCF) yang merupakan kitab bagi para flourisher.


De’vo Von Schattenreich adalah tokoh terkemuka yang memisahkan Flourishes dari Magic. Dia terkenal karena kreativitas dan teknik flourishingnya. Tahun 2001, dia mengusulkan bahwa flourishes bisa dipisahkan dari magic dan berdiri sendiri, dan usahanya telah berhasil mempengaruhi perkembangan dunia flourishes sebagai seni baru. Dia mempopulerkan nama “Xtreme Card Manipulation” pada tahun 2004.


Pada tahun 2006, seiring perkembangan Fluorishing dan XCM yang semakin populer. Kontroversi muncul sebagai akibat dari tujuan dan arah ke depan komunitas ini. Richard Z mengklaim kata Cardistry sebagai definisi baru utk menggabungkan Flourish dan XCM sebagai bentuk seni baru. Kontroversi masih berlangsung hingga saat ini dan masing2 baik Cardistry dan XCM mempunyai style tersendiri. Cardistry lebih ke condong ke permainan kecepatan tangan dengan metode kocok atau juggling mengandalkan kedua tangan.Sementara XCM lebih mengutamakan gerakan yang mengandung seni, terutama displays(gerakan yang mengandung unsur keindahan) dan armspread (membagi kartu di lengan secara seksama). Selang beberapa tahun, konflik berhasil diselesaikan. Sebutan “Cardistry” maupun “XCM” telah digunakan secara bergantian diantara para pemain kartu. Tetapi, nama “Flourishing” tetap dikaitkan dengan magic. Dan sekarang XCM dan Cardistry adalah bentuk seni tersendiri.


- How to play?


 Oke, jika Anda baru mengenal Cardistry Anda perlu untuk mengambil setumpuk kartu berkualitas baik. Jika Anda hanya memiliki setumpuk kartu lokal yg murah, cobalah Anda melakukan beberapa pengocokan(cut), tetapi Anda akan segera menemukan bahwa mereka tidak ideal dan tidak enak dipakai. Kartu berkualitas tinggi dapat dengan mudah didapat di Amerika Serikat dengan harga $ 3 USD. Jangan khawatir, di Indonesia sudah dijual bebas terutama di toko-toko sulap dan internet. Utamakan kartu buatan USPCC atau United State Playing Card Company dengan harga Rp.30.000 (itu jika Anda pintar menawar) dengan merk “Bicycle Playing Card Standard” berwarna merah atau biru. Setelah Anda lebih dalam menekuni seni ini, Anda akan menemui banyak deck2 kartu lain dengan kualitas dan warna berbeda2, bahkan kartu langka bisa berharga jutaan. Jadi, mari kita mulai…Anda bisa mulai dengan move (gerakan) dasar yang diajarkan di internet. Atau klik situs unitedcardists.net, klik Beginner Media Section untuk mendapatkan tutorial secara gratis bagi pemula berupa video2 di youtube.


Basic move


Anda harus dapat menguasai teknik2 ini untuk belajar move2 yg lebih sulit. Manfaatkan internet jika Anda tidak bisa membeli video tutorial. Klik tutorial....(isi titik2 dengan move2 yg saya sebutkan dibawah) maka Anda akan mendapatkan banyak sekali video tutorial di youtube yang menjelaskan secara detil bagaimana melakukannya

  1. Mechanic grip
  2. Shuffle
  3. Charlier cut
  4. Swing cut
  5. Revolution cut
  6. Scissors cut
  7. dll
Dalam XCM, ada beberapa istilah yang sangat indah untuk dipelajari:


Aerial : Berbagai macam bentuk menerbangkan kartu, berupa satu,beberapa atau seluruh deck dan bisa dikombinasikan dengan move lain.


Display: merangkai kartu menjadi suatu bentuk sehingga indah untuk dilihat, ketika melakukan move ini, berhenti sejenak untuk memamerkan display tersebut


Sybil Cut : Penemu move ini adalah Chris Kenner th 1980 dengan bukunya Totally Out of Control menjadi move yang sangat populer di kalangan flourisher dengan divariasikan move2 lainnya.


Fanning : membentuk seluruh deck atau sebagian menjadi kipas yang indah, berbagai macam variasi kipas telah dikembangkan.


Armspread : menjajarkan kartu secara rata di lengan, sama seperti bandar menjajarkan kartu di meja. Banyak variasi yang dikembangkan oleh Jerry C.


One handed cut : melakukan move2 sulit dengan satu tangan.


2 handed cut : melakukan move2 sulit dengan kedua tangan.


Dan ini DVD wajib bagi pemula yang ingin lebih dalam mempelajari cara bermain Card Flourishing :

  • Xtreme Beginners Vol 1 : Wajib dibeli untuk pemula. Dibuat oleh De’vo. Disajikan secara detil basic-basic move
  • Xtreme Beginners Vol 2 : Lanjutan dari XB Beginnerz 1
  • Genesis by Andrei Jikh : Tutorial utk pemula disajikan secara detil dan terperinci selama 2 jam setengah
  • Dangerous Motion by Daniel Madison : untuk medium expert
  • Lethal by Daniel Madison : untuk medium expert
  • Madness by Daniel Madison : untuk medium expert
  • Dan And Dave "The Trilogy, The System" : untuk kalangan expert
Video-video diatas sekarang sudah di jual online di Indonesia




Salah satu video tutorial Cardistry yang gue ambil di youtube

0 comments: